DPU News

Ujian Tasmi’ sebagai Ajang Pembentukan Karakter Cinta Al Qur’an

  • by Admin
  • 17 April 2018

Tangerang Selatan--Ahad, (15/4) Sebanyak 36 santri SMP Adzkia Islamic School, Pesantren Daarut Tauhiid Serua Tangerang Selatan sedang mengikuti kegiatan Ujian Tasmi’ Hafalan Al Qur’an yang berlangsung hingga Rabu, (18/4). Ujian yang digadang oleh Tim Pengasuhan ini adalah sebagai syarat bagi para santri untuk bisa mengikuti Wisuda Tahfidz yang akan digelar pada hari Sabtu (21/4) mendatang.

Para santri penuh antusias dan serius dalam mengikuti kegiatan ini. Pasalnya mereka harus sudah mencapai hafalan minimal 2 Juz sebelum akhirnya lulus dari Sekolah Menengah Pertama.

Ada Challenge tersendiri di dalam ujian ini, para santri dituntut untuk mulai bisa mandiri dalam mengambil keputusan. Pasalnya mereka lah yang menentukan sendiri ingin mendaftar atau tidak pada kesempatan ujian tasmi’ kali ini. Pun dengan jumlah juz yang ingin disetorkan kepada para muhafidz/muhafizhoh masing masing.

Selain sebagai tiket masuk wisuda tahfidz, ujian tasmi’ bertujuan untuk mengevaluasi hafalan dan memberi motivasi agar santri bisa lebih cinta terhadap Al Qur’an. “kita ingin para santri tidak hanya menghafal saja, namun bisa mengamalkan apa yang ada di dalam Al Qur’an” ujar Ustadz Mustofa.

Ustadz yang kesehariannya menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah bidang Pengasuhan inipun menuturkan bahwa tema tasmi’ dan wisuda tahfidz kali ini adalah Mahkota Surga untuk Umi dan Abi. “harapannya titik akhir pada ujian ini adalah para santri bisa membanggakan kedua orangtua nya dengan hafalan yang telah mereka perjuangkan selama 3 tahun di sini. Karena menurut hadits Al Qur’an adalah salah satu yang bisa memberikan syafa’at kepada kita di Yaumil Akhir nanti.” jelasnya.

Disetiap ujian akan ada yang lulus dan belum lulus. Begitupun dengan ujian tasmi’ pada kali ini. Namun besar harapan dari para Asatidz dan Asatidzah, para santri yang mengikuti ujian tasmi’ bisa mengeluarkan potensi maksimalnya dan dapat hasil yang terbaik. “tentu target kita tiap tahun adalah bisa meluluskan 100% santri yang mengikuti ujian tasmi’ untuk akhirnya di wisuda tahfidz” ucapnya menutup percakapan.

(Humas SMP AIS)


Share This Post:

Berita Lainnya

Indahnya dan Lezatnya Bolu Batik

  • bogor, 20 April 2018

Selasa 19 April 2018. Daarut Tauhid Peduli (DTP) Bekasi, unit Kranggan kembali... Read more

Jelang Ramadhan, DT Peduli Kembali Kirim Relawan ke Bangladesh

  • admin, 19 April 2018

Ramadhan segera menjelang, bagaimana kondisi muslim Rohingya yang hingga kini masih... Read more

DT Peduli Gelar SMART TAUHIID Training

  • , 18 April 2018

Tasikmalaya --  DT Peduli Tasikmalaya menggelar kegiatan Smart Tauhiid Training... Read more


Disqus Comments

comments powered by Disqus

Search

Alamat Kantor
  • Address: Jl. Gegerkalong Girang No. 32 Bandung - Pesantren Daarut Tauhiid
  • Informasi dan Konsultasi: 085 10001 7002
  • Fax: (022) 2021862
LAYANAN CHAT
Google+
© 2018 Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid