Cahaya dan harapan didusun sri pengantin

Cahaya dan harapan didusun sri pengantin

Cahaya dan harapan didusun sri pengantin

  • by Admin
  • 01 September 2018

Alhamdulillah pada hari Selasa, 11 Desember 2018 telah dilaksanakan serah terima dan peresmian MCK sehat, Taman Baca Masyarakat, dan Perayu Cahaya di Masjid Al Amin lingkungan Dusun III Sri Pengantin, Desa Pasenan Kabupaten Musi Rawas. Acara ini diresmikan oleh Kepala DT Peduli Lubuklinggau Bpk. Karsim Marta bersama Kepala Dusun Dri Pengantin Bapak. Afrizal didampingin kepala sekolah dan dewan guru SD N Sri Pengantin dan disaksikan oleh masyarakat setempat kurang lebih berjumlah 80 KK.

Didalam keheningan dusun yang belum terjamah oleh hiruk pikuk suasana kota. Dusun ini belum memiliki aliran listrik jadi untuk acara hari ini sebagai pengeras suara menggunakan solar energi tata surya yang 1 minggu lalu mendapatkan bantuan dari pihak Polsek Terawas. Dengan adanya energi tata surya ini acara ini pun semarak.

Dalam sambutannya Bpk. Karsim Marta berpesan semoga apa yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi lingkungan Dusun III Sri Pengantin. “Semoga warga disini mendapat manfaatnya. Perahu dapat digunakan bagi siapapun warga yang ingin menggunakannya serta untuk menjemput tamu-tamu penting yang berkunjung ke desa. Taman Baca dapat digunakan anak-anak sebagai minatur perpustakaan, dan MCK bisa digunakan sebagaimana mestinya kiranya bapak/ibu tidak perlu ke sungai lagi dan lebih terjaga kebersihannya.” Ungkapnya.
Kepala Dusun Bapak. Afrizal menyambut baik program dari DT Peduli Lubuklinggau karena selama ini perhatian pemerintah masih kurang terhadap dusun kami. “Bapak/ibu kalau bisa semuanya sholat dimasjid karena sudah difasilitasi Toilet dan tempat wudhu, sehingga tidak susah lagi untuk bersuci, mari kita ramaikan masjid kita” Jelas Afrizal

Selain dilaksanakan serah terima dan peresmian acara ini juga sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang sudah 2 tahun ini telah rutin dilasanakan. Sebagai pengisi ceramah Ust. Lukmansyah Asatidz Daarut Tauhiid Lubuklinggau . “Didalam kehidupan kita teladan terbaik sepanjang zaman adalah Rasulullah Muhammad SAW, kita sebagai generasi muda mempelajarinya sebagai anak yang Yatim Piatu tapi beliau tegar dalam menjalani pribadi kuat dan menjadi sosok yang disebut kekasih Allah swt” jelas Ust Lukman.

 

****

 

Dusun Sri Pengantin, Desa Pasenan, Kecamatan Terawas, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan sudah lama tidak dialiri listrik. Dusun yang dihuni oleh sekitar 80 Kepala Keluarga ini juga tidak ada fasilitas kesehatan (faskes). 
“Jadi kalau ada yang sakit keras kami harus mengarungi sungai kapanpun. Kalau keadaan darurat dan malam, kami berbekal senter sebagai penerangan supaya sampai di desa seberang,” cerita Indra, warga Dusun Sri Pengantin. 


Kondisi lebih sulit lagi saat air pasang. Warga terpaksa menunggu karena perahu kecil yang ada tidak kuat menahan arus deras air. 
Selain faskes, di Dusun Sri Pengantin juga minim MCK. Hampir tiap rumah tidak ada Kamar Mandi dan WC. 
"Dulu saya kalau dikota pakai gamis untuk ke acara khusus. Tapi disini saya tiap hari pakai gamis dan jilbab untuk mandi di sungai agar aurat saya tertutup saat mandi," ungkap Dede, relawan Indonesia Mengajar asal Bogor yang sudah tiga bulan mengabdi di Dusun Sri Pengantin.
Tidak adanya MCK ini membuat hampir seluruh kegiatan dilakukan di sungai. Kebiasaan ini akan mempermudah timbulnya penyakit dan pola hidup tak sehat. 
Fasilitas belajar mengajar pun tak kalah miris. Sekolah yang ada hanya sampai tingkat Sekolah Dasar (SD), padahal terdapat banyak anak-anak usia sekolah. Buku-buku yang ada pun hanya seadanya. 


Melalui program Peduli Wilayah Tertinggal, DT Peduli mengajak kepada sahabat-sahabat semua untuk membantu membangunkan Rumah Baca bagi anak-anak, mewujudkan MCK sehat, serta terciptanya Perahu Cahaya di Dusun Sri Pengantin ini. 
“Di Perahu Cahaya akan disediakan buku bacaan bermanfaat sehingga anak-anak atau penumpang yang menunggu bisa memanfaatkan waktunya untuk membaca,” jelas Karsim Marta Kusuma Atmajaya, kepala cabang DT Peduli Lubuklinggau.
Yuk Sahabat, dukung warga Dusun Sri Pengantin untuk melengkapi fasilitas daerah mereka.


Dukungan Sahabat Peduli



Program Peduli Lainnya

Google+
© 2019 DT Peduli