Bangun tanggul penahan banjir di Muara Gembong

Bangun tanggul penahan banjir di Muara Gembong

Bangun tanggul penahan banjir di Muara Gembong

  • by Admin
  • 19 December 2016

Terletak di bantaran Sungai Citarum, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, rentan terkena banjir tiap musim hujan. Pasalnya, tanggul antara sungai dan pemukiman hanya tiga meter. Sekitar 50 meter tanggul di Desa Pantai Bakti Kecamatan Muara Gembong jebol pada akhir Oktober 2016 seiring pertambahan tinggi air sungai. Ratusan rumah warga, puluhan sawah siap panen, serta jalan terendam banjir. Peternakan ikan pun tak luput terendam. Akibatnya perekonomian warga hampir lumpuh. 

Pembangunan tanggul di Muara Gembong sudah dilakukan awal Desember 2016. Kalau berjalan lancar, pembangunan tanggul  akan selesai akhir Desember 2016. Dari total dana yang diperlukan (200 juta Rupiah), baru terkumpul 75 juta Rupiah. Pembangunan dilakukan secara gotong royong oleh warga sendiri. Warga Kecamatan Muara Gembong berharap pembangunan tanggul cepat selesai agar rumah mereka tidak lagi terkena banjir.

Alhamdulillah DPU Daarut Tauhiid Bekasi telah mengadakan do'a dan peletakkan batu pertama untuk tanggul yang akan dibangun di beberapa titik di sepanjang Sungai Citarum untuk menghalau datangnya banjir yang datang hampir setiap tahun, terutama di Desa Pantai Mekar. Tanggul ini merupakan tanggul yang menggantikan 'tanggul sementara' yang di bangun oleh warga tempo hari menggunakan bahan-bahan seadanya; seperti karung berisi pasir, batang bambu dan lain-lain. Harapannya tanggul baru akan berdiri dengan kokoh dan banjir tahunan yang datang akhirnya dapat terhalau.

 

Setiap sumbangan tidak peduli besar atau kecil akan menjadi amal baik. Donasi akan diserahkan untuk membangun infrastuktur tanggul Desa Pantai Bakti Kecamatan Muara Gembong, Bekasi. Terimakasih sebelum dan sesudahnya adas dukungan Anda.


Dukungan Sahabat Peduli



Program Peduli Lainnya

Alamat Kantor
  • Address: Jl. Gegerkalong Girang No. 32 Bandung - Pesantren Daarut Tauhiid
  • Informasi dan Konsultasi: 085 10001 7002
  • Fax: (022) 2021862
LAYANAN CHAT
Google+
© 2017 Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid