Bangun rumah layak huni untuk Tiga Keluarga Yang sudah Mau Ambruk di Pandeglang

Bangun rumah layak huni untuk Tiga Keluarga Yang sudah Mau Ambruk di Pandeglang

Bangun rumah layak huni untuk Tiga Keluarga Yang sudah Mau Ambruk di Pandeglang

  • by Admin
  • 08 August 2017

Pandeglan - Miris melihat sebuah rumah berukuran 5x5 meter dihuni oleh 11 jiwa (tiga keluarga). Rumah yang dibuat dari bilik bambu itu nyaris ambruk. Sayang, rumah yang terletak di Kampung Monggor, Desa Salapraya, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang, Jawa Barat ini luput dari bantuan pemerintah. 

Lantainya masih beralaskan tanah, atap rumah terbuat dari rumbia. Ketika tidur, penghuninya hanya beralaskan tikar. Bai Suhimah (47), istri pemilik rumah, mengaku pasrah dengan kondisi tempat tinggalnya. 

  
“Sudah bertahun-tahun, Mas, kondisinya begini. Mau dibenerin juga boro-boro. Untuk makan aja sulit,” kata sala satu anggota keluarga kepada wartawan saat ditemui di kediamannya.

Ibu Suhimah dan anggota keluarga lainnya harus berdesak – desakan saat hendak beristirahat lantaran kondisi rumahnya yang hanya ada dua kamar dan sempit. 

Ibu Suhimah, yang sehari – hari membantu suaminya bekerja serabutan di kampung tersebut, hanya bisa pasrah menerima jalan hidupnya. Puluhan tahun tinggal di rumah yang nyaris ambruk tetap ia jalani, karena ketidakmampuan mencari biaya untuk memperbaiki tempat tinggalnya.

“Suami cuma kerja serabutan seadanya aja. Dinikmatin aja Mas,” katanya.

Saat ditanya apakah ia mendapatkan program bantuan dari pemerintah, ibu yang sudah terlihat keriput itu mengaku tidak berharap banyak dari pemerintah. Pasalnya, saat program bantuan bergulir, ia belum pernah menerima bantuan.

“Saya mah ngandelin (pekerjaan-red) serabutan, Mas. Kalau nunggu dari pemerintah mah nggak pernah dapat,” keluhnya.

Pantauan di lokasi, rumah itu hanya berdinding bilik bambu. Atap mulai menghitam dan sebagian berjatuhan terlihat sudah diabaikan begitu saja. Bahkan jika hujan, air kapan pun bisa masuk ke dalam rumahnya. 

Selain itu, kondisi kayu bangunan sudah mulai keropos dan lantai hanya beralaskan tanah. Mirisnya, di dalam rumah tidak memiliki kamar mandi. Jadi saat hendak mandi dan keperluan cuci serta buang air besar akan sedikit menyulitkan.

DPU Daarut Tauhiid mengajak sahabat-sahabat sekalian untuk membantu pak jamal dan warga lainnya untuk mendapatkan tempat tinggal yang lebih layak


Dukungan Sahabat Peduli



Program Peduli Lainnya

Alamat Kantor
  • Address: Jl. Gegerkalong Girang No. 32 Bandung - Pesantren Daarut Tauhiid
  • Informasi dan Konsultasi: 085 10001 7002
  • Fax: (022) 2021862
LAYANAN CHAT
Google+
© 2017 Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid