13 Tahun Berjalan, UMKM Mak Dah Butuh Alat Canggih

13 Tahun Berjalan, UMKM Mak Dah Butuh Alat Canggih

13 Tahun Berjalan, UMKM Mak Dah Butuh Alat Canggih

  • by Admin
  • 26 September 2019

Dahniar (44th), seorang ibu rumah tangga yang memiliki usaha Pisang Rakit di daerah Ladong, Kecamatan Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar. Suaminya bapak Usman (54th), hanyalah seorang kuli bangunan. Sambil mengurus ketiga orang anaknya, Ibu Dahniar yang juga akrab di sapa Mak Dah mengelola usaha ini sejak tahun 2006 lalu.

Pisang rakit merupakan makanan khas daerah Aceh Jaya. Makanan ini diolah dari buah pisang pilihan kemudian di iris dengan sangat tipis dengan menggunakan pisau, kemudian dijemur di bawah terik matahari sampai kering. Setelah benar-benar kering, barulah mulai penggorengan yang di balut oleh tepung dan daun, garam dan pewarna makanan. Selanjutnya dimasukkan kedalam plastik putih yang akan dikemas dengan bantuan lilin dan makanan pisang rakit siap di sebarkan di kios, swalayan yang ada di sekitaran Aceh Besar.

Usaha ini sudah di jalankan selama 13 tahun. Mak Dah terinspirasi dari salah seorang ibuk berasal dari Lamno yang pernah menetap di ladong selama beberapa bulan pasca 2 tahun Tsunami. Mengingat sangat sulit sekali mencari pekerjaan pada saat itu, akhirnya Mak Dah memutuskan memulai usaha ini. Awalnya mereka hanya memiliki kelompok kecil yang terdiri dari tiga orang yaitu Mak Dah, Mimi,dan Mak Dek Bulek. Namun seiring berjalannya waktu, Alhamdulillah Mak Dah merekrut 2 orang anggota lagi yang sama minatnya dalam hal ini.

Namun kendalanya ketika hujan melanda, Mak Dah berserta teman-temannya tidak bisa menjemur pisang karna tidak ada tempat khusus, juga mereka tidak mempunyai alat pres,mesin pelekat yang di gunakan untuk mengemas produk mereka. Mereka hanya menggunakan beberapa batang lilin untuk melekatkan plastik. Mak Dah dan teman-temannya sangat mengharapkan bantuan alat kemasan yang layak dan memenuhi standar saat memproduksi usaha pisang rakit ini dan mengembangkan usaha ini jauh lebih baik serta higenis dan aman bagi pekerjanya.

Yuuk bantu berdayakan Mak Dah dengan menyediakan alat pengemas produk yang layak.


Dukungan Sahabat Peduli



Program Peduli Lainnya

Google+
© 2019 DT Peduli