Khazanah Islam

Tanamkan Nilai Takwa dalam Tiap Jenjang Pendidikan

  • by Admin
  • 02 May 2017

Menjadikan Al-Quran dan Sunnah sebagai pedoman dalam mendidik anak. Agaknya ini sudah ditinggalkan oleh orang tua jaman sekarang dimana lebih memilih mendidik anak-anak mereka dengan metode dari negara Barat.

Salahkah? Tidak, Sahabat. Metode pendidikan selalu berkembang seiring dengan berkembangnya teori pendidikan itu sendiri. Namun, secanggih apapun metode pendidikan, jangan sampai kita melupakan tujuan pendidikan itu sendiri yaitu membentuk karakter kebaikan sesuai dengan fitrah manusia. Maka jelas, jika suatu metode pendidikan malah menghasilkan manusia yang melanggar norma-norma, bisa dipastikan ada yang salah dengan metode pendidikannya.

 

Al-Qur’an dan Hadits, Pedoman Dalam Mendidik

Rasulullah SAW wafat dengan meninggalkan dua warisan yaitu Al-Qur’an dan Hadits. Keduanya merupakan panduan bagi seluruh umat manusia untuk menjalani kehidupan, tak terkecuali pendidikan. Kesuksesan dalam mendidik pun akan didapat ketika keduanya dijadikan pedoman. Layaknya Lukman dalam mendidikan anak-anaknya yang diabadikan dalam surat Lukman.

Pendidikan dalam Islam merujuk pada menjadikan manusia sebagai insan yang bertakwa. Takwa berarti melindungi diri dari siksaan Allah SWT. Sejatinya, individu yang takut terhadap siksaanNYA akan menjauhi segala laranganNYA dan berusaha menjadi manusia berakhlakul karimah. Pendidikan kepada seseorang dinyatakan berhasil ketika ia bisa mengimplementasikan nilai takwa dalam kehidupan sehari-hari.

Sahabat, nilai takwa itu pula yang ditanamkan dalam tiap jenjang pendidikan di Daarut Tauhiid. Ini terwujud dalam visi sekolah yaitu membentuk generasi berakhlakul karimah, prestatif, mandiri, dan berwawasan lingkungan  yang berlandaskan tauhiid.

Kami percaya bahwa sepintar apapun atau setinggi apapun IQ seseorang, jika tidak dilandasi nilai takwa, maka dia tidak akan bermanfaat di lingkungan sosialnya. Sebaliknya, seseorang itu malah akan menjadi sampah masyarakat karena bertindak semaunya tanpa berpikir jangka panjang.

Maka dari itu Sahabat, dalam momentum Hari Pendidikan Nasional ini mari kita tanamkan nilai takwa kepada generasi penerus bangsa. Ayo jadikan Al-Quran dan Sunnah sebagai pedoman mendidik generasi penerus bangsa.

 


Share This Post:

Khazanah Islam Lainnya

Berzakatlah melalui Lembaga Amil

  • 01 June 2017

Salah satu kewajiban seorang muslim yang mampu secara finansial adalah berzakat.... Read more

Menapaki Jalan Tauhid dengan Zakat Memandirikan

  • 29 May 2017

Zakat adalah salah satu dari pilar Islam. Sebagai rukun ketiga dari rukun Islam,... Read more

Ramadan, Bulan Empati dan Peduli

  • 29 May 2017

Ramadan adalah bulan teristimewa bagi umat Islam. Banyak sekali jamuan dari Allah... Read more


Disqus Comments

comments powered by Disqus

Search

Alamat Kantor
  • Address: Jl. Gegerkalong Girang No. 32 Bandung - Pesantren Daarut Tauhiid
  • Informasi dan Konsultasi: 085 10001 7002
  • Fax: (022) 2021862
LAYANAN CHAT
Google+
© 2017 Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid