Khazanah Islam

SEMUA TENTANG KITA

  • by Admin
  • 31 July 2017

Semua tentang bukan sekedar lagu cinta. Tak semata lagu yang pernah ngetop pada tahun 2000-an. Bukan pula bait puitis yang dinyanyikan Ariel bersama rekan bandnya. Jangan pula dimaknai cerita cinta menyerupai asmara sepasang kekasih.

Semua tentang kita adalah cerita dimana kita berbagi. Mau memahami, bahwa kita sudah merasakan banyak nikmat. Termasuk nikmat daging kurban yang mungkin hampir setiap tahun kita nyate bareng keluarga. Sekarang semua tentang kita, mengajak kita berbagi bahagia. Memberikan daging qurban untuk saudara di pelosok negeri.

Sebab tahukah kita, masih banyak anak negeri ini yang masih jarang menikmati daging qurban. Mereka melihat daging pun kadang tidak. Di mata mereka, daging masih menjadi barang mahal. Sekali mencicipi, mungkin setahun sekali, beberapa tahun sekali atau seumur hidup sekali.

Bandingkan dengan kita, yang hidup di tengah gemerlap kota. Setiap lebaran Idul Adha tiba, agenda potong kambing, mengulitinya, kemudian dibagikan ke warga sekitar, kita pun ikut mencicipinya ketika daging jadi sate. Benar, semua terasa nikmat di lidah dan perut. Tapi sungguh semua itu, ah biasa saja. Tak ada yang istimewa.

Beda cerita ketika qurban itu diserahkan ke lembaga zakat, seperti DPU Daarut Tauhiid. Percayakan kepada mereka, jika perlu Anda bisa ikut agenda qurban ke pelosok negeri.

Sibuk? Cukup minta laporan via website, dokumentasi dikirim ke rumah atau langsung ke medsos Anda. Mudah bukan?

Jika sudah sampai di DPU Daarut Tauhiid, kambing atau domba langsung dikirim ke daerah minus daging qurban. Jalan terjal ditempuh, bebatuan dan gunung harus dilalui, menyeberangi sungai harus dijalani. Demi mengantar qurban kepercayaan Anda. Untuk dibagi kebahagiaan hidup ini ke anak negeri, di pelosok negeri.

Sampai di sana, warga diajak berkumpul. Satu demi satu hewan dipotong, disertai kalimat takbir. Sungguh mengharukan, akhirnya sahabat kita di sana merasakan nikmatnya daging. Dalam diam mereka pun berbisik “Terima kasih ya Rabb, kau antarkan qurban ini ke daerah ini. Semoga Engkau lapangkan rezeki orang yang berqurban. Diberikan kesehatan, kebahagiaan dan nikmat lainnya. Muliakan hidup mereka yang berqurban. Berilah pahala terbaikmu ya Rabb, dan jadikan amalan qurban mengantarkan ke syurgaMu kelak”

Ya ini semua tentang kita, tentang orang yang berdoa tulus, khusyuk, penuh syukur dalam diamnya. Tentang mereka yang tinggal di pelosok kampung dan desa. Tak terjamah kebisingan kota. Tentang mereka yang bahagia di hari raya Idul Adha.

Ini memang tak mudah. Setiap kita punya pilihan. Apakah tetap mau berqurban di lingkungan rumah sendiri. Atau percayakan qurban sahabat kepada lembaga yang siap salurkan qurban ke pelosok negeri. Jika pilihan kedua hadir dalam pikiran sahabat. Segera tunaikan keyakinan itu, dan segera katakana Qurban Is Good.

 

Inggar Saputra

Dosen, Penulis dan Aktifis Sosial


Share This Post:

Khazanah Islam Lainnya

Berzakatlah melalui Lembaga Amil

  • 01 June 2017

Salah satu kewajiban seorang muslim yang mampu secara finansial adalah berzakat.... Read more

Menapaki Jalan Tauhid dengan Zakat Memandirikan

  • 29 May 2017

Zakat adalah salah satu dari pilar Islam. Sebagai rukun ketiga dari rukun Islam,... Read more

Ramadan, Bulan Empati dan Peduli

  • 29 May 2017

Ramadan adalah bulan teristimewa bagi umat Islam. Banyak sekali jamuan dari Allah... Read more


Disqus Comments

comments powered by Disqus

Search

Alamat Kantor
  • Address: Jl. Gegerkalong Girang No. 32 Bandung - Pesantren Daarut Tauhiid
  • Informasi dan Konsultasi: 085 10001 7002
  • Fax: (022) 2021862
LAYANAN CHAT
Google+
© 2017 Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid