Khazanah Islam

Persiapkan Diri Menyambut Ramadhan

  • by Admin
  • 09 May 2017

Bulan puasa di depan mata. Sudahkah kita mempersiapkannya? Sahabat, Allah SWT telah mengistimewakan Ramadhan dibanding bulan lainnya. Bulan dimana rahmat dilimpahkan untuk muslim di seluruh muka bumi. Lantas, apakah kita mau menyia-nyiakannya tanpa persiapan apapun?

Puasa pada beberapa hari pertama sering kali tubuh merasa lemas, mengantuk karena harus bangun lebih pagi untuk sahur. Tahukah Sahabat, hal tersebut dihindari kalau kita rutin berpuasa diluar bulan Ramadhan. Rutin puasa Senin-Kamis atau Daud, misalnya. Lebih bagus lagi kalau juga diikuti puasa Ayyamul Bidh (pertengahan bulan). Saat rutin berpuasa, tubuh pun menyesuaikan diri dengan asupan makanan yang sedikit dan jam bangun tidur yang lebih awal. Puasa di bulan Ramadhan pun tidak lagi diawali dengan kesulitan.

Perhatikan juga, apakah Sahabat masih ada hutang puasa dari Ramadhan sebelumnya? Kalau iya, qadha-lah puasa tersebut segera. Jangan sampai saat Ramadhan nanti masih ada ada hutang puasa yang harus dibayar. Ingat Sahabat, belum tentu usia kita sampai saat Ramadhan nanti. Belum tentu pula kita bisa menjalani Ramadhan sebulan penuh karena maut keburu menjemput.

Bulan puasa juga waktu dimana pahala dilipatgandakan, apapun amal baik yang dilakukan. Biasakanlah shalat sunnah yang selama ini sering ditinggalkan seperti ba’da dan qobla shalat wajib dan shalat dhuha. Percayalah, kita tidak ingin meninggalkan shalat sunnah apapun saat Ramadhan nanti karena pahalanya setara dengan shalat wajib.

Ibadah yang dilakukan tanpa ilmu akan banyak rusaknya daripada baiknya. Hanya dengan ilmu kita bisa beribadah sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mempelajari  tatacara beribadah yang baik seperti wudhu, shalat, puasa, dan ibadah lainnya.

Terakhir, lakukanlah belanja lebaran sebelum hari pertama Ramadhan. Jangan biarkan kekhusyukan beribadah terganggu oleh kegiatan keduniawian. Belanjalah baju, sepatu, mukena, sarung, kerudung, peci, dan barang-barang lain sebelum mulai berpuasa. Belilah kue lebaran di toko atau dari orang lain. Tujuannya agar waktu Ramadhan benar-benar diisi untuk mendekat kepadaNYA.

Jadi, sudah siapkah Sahabat menyambut Ramadhan?

(EH)

 

Foto: kabarmakkah.com


Share This Post:

Khazanah Islam Lainnya

Berzakatlah melalui Lembaga Amil

  • 01 June 2017

Salah satu kewajiban seorang muslim yang mampu secara finansial adalah berzakat.... Read more

Menapaki Jalan Tauhid dengan Zakat Memandirikan

  • 29 May 2017

Zakat adalah salah satu dari pilar Islam. Sebagai rukun ketiga dari rukun Islam,... Read more

Ramadan, Bulan Empati dan Peduli

  • 29 May 2017

Ramadan adalah bulan teristimewa bagi umat Islam. Banyak sekali jamuan dari Allah... Read more


Disqus Comments

comments powered by Disqus

Search

Alamat Kantor
  • Address: Jl. Gegerkalong Girang No. 32 Bandung - Pesantren Daarut Tauhiid
  • Informasi dan Konsultasi: 085 10001 7002
  • Fax: (022) 2021862
LAYANAN CHAT
Google+
© 2017 Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid